Rabu, 25 Januari 2012

Banana Cream Cheese Cake

Untuk 2 buah loyang cake ukuran + 5 x 10 x 25 cm 
Bahan:
- 2 buah pisang tanduk, iris tipis
- 150 gram cream cheese (saya menggunakan Yummy Cream Cheese)
- 150 gram mentega, cairkan
- 4 butir telur ayam suhu ruang
- 150 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh pelembut kue :ovalet/TBM/SP (saya menggunakan Ovalet)

Ayak jadi satu
- 90 gram tepung terigu protein sedang (saya menggunakan Segitiga Biru)
- 20 gram tepung maizena
- 20 gram susu bubuk
- 1 sendok teh baking powder (pastikan masih fresh)

Topping:
- Susu kental manis
- 100 gram keju parut

Cara membuat:
Siapkan oven, set di suhu 185'C, letakkan rak panggangan di tengah oven. Siapkan 2 buah loyang ukuran + 10 x 25 cm dengan tinggi sekitar 5 cm.  Olesi mentega dan taburi tepung. Letakkan selembar kertas baking/kertas minyak di dasar loyang. Sisihkan.
Siapkan pisang tanduk, saya membaginya menjadi 3 bagian dengan panjang masing-masing  + 10 cm. Iris tipis pisang seperti akan membuat keripik pisang, tata pisang di dasar loyang, dan di bagian tepi loyang. Anda bisa hanya menatanya di dasar loyang saja. Sisihkan. 


Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan cream cheese kedalamnya dan kocok dengan mixer kecepatan rendah kira-kira 5 menit hingga menjadi lembut. Sisihkan.
Siapkan mangkuk mixer, masukkan telur, ovelet, gula pasir, vanili dan kocok dengan kecepatan rendah hingga bahan tercampur kemudian rubah menjadi kecepatan tinggi dan kocok hingga hingga menjadi adonan yang putih, kental dan mengembang. 


Rubah kecepatan mixer menjadi paling rendah, masukkan ayakan tepung sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur. Kocok sebentar hanya agar tepung tercampur rata. Matikan mixer. Tuangkan mentega cair kedalam adonan dan aduk menggunakan spatula hingga rata. Mentega cair suka mengendap di dasar mangkuk dan tidak tercampur baik, karena itu pastikan spatula benar-benar mengaduk hingga ke dasar wadah agar mentega tercampur rata. 


Tambahkan cream cheese yang telah dikocok kedalam adonan dan aduk rata menggunakan spatula. Jangan terlalu berlebihan mengaduk ya. 


Tuangkan adonan  kedalam loyang yang telah disiapkan. Panggang selama + 35 - 40 menit hingga permukaan cake berwarna coklat keemasan dan test dengan tusuk lidi untuk memastikan cake telah matang. Keluarkan dari oven dan biarkan 5 menit di loyang. Balikkan kue di rak kawat dan dinginkan. 


Jika cake telah benar-benar dingin, letakkan cake di piring datar, tuangkan susu kental manis keatas permukaannya dan taburi dengan keju parut. 


Potong-potong cake dan siap disajikan. Enjoy!