Rabu, 25 Januari 2012

Bola-Bola Ubi Isi Keju

Untuk sekitar 20 bola ubi 

 Bahan:
- 150 gram ubi jalar kuning
- 150 gram tepung terigu serba guna
- 75 gram tepung tapioka
- 2 sendok teh baking powder
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 150 gram gula halus
- 75 ml susu cair
- 100 gram keju yang mudah meleleh, potong kubus ukuran 1 x 1 cm (saya menggunakan merk Kraft yang mudah meleleh/quick cooking melt)
- 25 gram gula halus untuk taburan
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Kupas ubi jalar, potong-potong membentuk kubus kecil. Kukus hingga empuk, kemudian haluskan. Saya meletakkan ubi kukus di mangkuk besar kemudian saya haluskan dengan menggunakan ulekan batu yang dibungkus plastic wrap. Haluskan hingga benar-benar halus.
 Ayak tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, garam dan tepung tapioka. Masukkan tepung ke dalam mangkuk berisi ubi halus, tambahkan gula halus kemudian aduk menggunakan spatula kayu hingga tercampur. 


Masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung. Jika adonan masih keras, tambahkan susu cair seperlunya saja. Jika adonan telah terbentuk dan susu masih bersisa biarkan saja, adonan yang terlalu lembek akan menyulitkan anda untuk membentuknya. Adonan tidak diuleni ya, jadi jika anda menggunakan jari-jari tangan untuk mencampur adonan sebaiknya lipat-lipat saja adonan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah hingga bahan tercampur baik. 


Bagi adonan masing-masing seberat + 25 - 30 gram, tipiskan adonan di telapak tangan anda masukkan 1 buah potongan keju di tengah adonan yang ditipiskan. Bentuk menjadi bulat, gelindingkan menggunakan telapak tangan anda hingga membentuk bola yang smooth. 


Siapkan penggorengan, isi minyak agak banyak. Panaskan dengan api kecil dan goreng bola-bola ubi hingga permukaannya kecoklatan dan matang. Aduk bola-bola ubi selama digoreng agar merata warna dan matangnya. Angkat ubi dan tiriskan. 


Letakkan ubi di piring/mangkuk saji, biarkan agak dingin dan taburi dengan gula halus pada permukaannnya menggunakan saringan teh kecil agar gula tersebar merata. Sajikan bola-bola ubi selagi hangat agar keju di dalamnya masih meleleh. Bola-bola ubi ini paling oke jika dimakan langsung ketika baru keluar dari penggorengan saat keju masih meleleh, jika akan dimakan keesokan harinya maka masukkan bola-bola ke dalam microwave selama + 2 menit. 

Selamat mencoba.