Rabu, 25 Januari 2012

Shrimp Ball Soup (Sup Bola-Bola Udang)



 

Untuk sekitar 30 bola udang

Bahan:
- 100 gram udang, kupas kulitnya dan bersihkan
- 1/4 sendok teh baking soda
- 250 gram daging ayam cincang
- 1 batang wortel, berat kira-kira 100 gram
- 1 buah bengkuang ukuran sedang, berat kira-kira 100 gram
- 50 ml putih telur dari 2 butir telur ayam
- 1 sendok makan tepung maizena
- 1 batang daun bawang iris halus

Bumbu bola udang:
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kecap asin (Kikoman)
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Bumbu kuah sup:
- 2 liter kaldu ayam (saya menggunakan air biasa)
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 1 batang daun bawang, iris tipis
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kecap asin (Kikoman)

Cara membuat:
Parut bengkuang dan wortel menggunakan parutan keju atau parutan untuk rujak serut sehingga hasil parutannya kasar, tujuannya agar setelah menjadi bakso tekstur wortel dan bengkuang masih terasa. Peras hasil parutan hingga airnya habis, buang air perasan. Kita hanya akan menggunakan ampasnya saja.


Bersihkan udang, buang kulit dan kepalanya. Lumuri dengan 1/4 sendok teh baking soda. Diamkan 15 menit. Keringkan udang dengan melapnya menggunakan tissue dapur, cincang udang hingga halus.


Dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan daging udang cincang, daging ayam cincang, minyak wijen, gula, kecap asin, merica, kaldu bubuk, aduk  semua bahan hingga rata.  Cicipi rasanya. Masukkan adonan ke dalam blender tambahkan putih telur kemudian proses hingga halus + 2 menit. Jika blender sulit bergerak karena adonan yang kental, bagi adonan menjadi dua dan proses masing-masing bagian secara terpisah. 



Keluarkan adonan dari blender, masukkan kembali ke mangkuk tambahkan wortel, bengkuang parut dan daun bawang cincang. Aduk hingga rata.

Masukkan adonan kedalam cetakan-cetakan kecil, saya menggunakan cetakan es batu yang saya olesi permukaannya dengan minyak goreng. Kukus adonan selama 20 menit atau hingga matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Lakukan hingga semua adonan bakso habis.


Untuk kuahnya.
Jerang air di panci, masukkan semua bahan kuah kecuali daun bawang. Masak hingga kuah mendidih. Cicipi rasanya, masukkan daun bawang. Angkat.

Siapkan mangkuk, beri bola-bola udang, siram dengan kuah dan taburi dengan daun bawang. Shrimp ball soup siap disantap panas-panas. Hmm, so delicious!